//Cara Meningkatkan Penilaian Skor Kredit Dengan Cepat

Cara Meningkatkan Penilaian Skor Kredit Dengan Cepat

2019-08-03T06:17:20+00:00 February 8th, 2019|Pinjaman|

Meningkatkan skor kredit adalah topik yang menarik bagi Anda yang sering berurusan dengan kartu kredit atau untuk proses pembayaran dan pinjaman lainnya. Di sini akan dibahas beberapa hal yang sangat penting untuk Anda ketahui sebagai pelanggan karena akan berhubungan dengan masa depan.

Saat ini tidak tabu jika seseorang akan mencoa mengajukan pinjaman lain setelah ia melunasi kredit yang sudah ia miliki. Tetapi pertanyaannya adalah, apakah yang Anda ajukan akan mudah diterima oleh pemberi pinjaman? Di sisi lain, jika Anda memiliki riwayat kredit yang baik maka ini tidak akan menjadi masalah. Karena track record Anda akan di arsipkan di Bank Indonesia ketika Anda akan menggunakan produk pinjaman. Dengan demikian laporan kredit ini akan memberikan umpan balik kepada calon pemberi pinjaman apakah pengajuan Anda diterima atau atas dasar penolakan serta dasar untuk memberikan bunga atas pinjaman Anda.

Dari sini penilaian akan dilakukan dan hasilnya disimpulkan.

Data diri Anda sebagai pelanggan kredit akan memiliki nilai sebagai referensi penjamin dalam memberikan bantuan lagi di lain waktu. Fungsi skor kredit di sini tentu sangat jelas. Bagi pemberi pinjaman akan sangat membantu proses survei dan jumlah pinjaman yang akan disetujui jadi memang kita di wajibkan meningkatkan skor kredit. Demikian juga, untuk penerima pinjaman, skor kredit akan membantu dalam mendapatkan akses yang lebih luas ke pemberi pinjaman dengan mengandalkan reputasi keuangan mereka sendiri tanpa harus bergantung pada kemampuan untuk memberikan jaminan.

Untuk pemberi pinjaman, akan ada kriteria tertentu yang menjadi standar. Berikut ini adalah kriteria penilaian kredit yang ditentukan oleh salah satu bank.

Apa yang Mempengaruhi Credit Score Anda?

  • Riwayat Pembayaran mempengaruhi 35% dari skor kredit Anda. Membayar semua tagihan tepat waktu akan membantu meningkatkan skor kredit paling cepat
  • Jumlah Pinjaman memberikan 30% dari skor kredit Anda.
  • Panjang Riwayat Kredit memberikan 10% dari skor. Semakin lama Anda memiliki riwayat kredit terbuka, sangat lebih baik. Jangan sekali-kali menutup kartu kredit tertua Anda.
  • Jenis Pinjaman yang digunakan memberikan 10% dari skor kredit Anda.
  • Mengajukan Pinjaman Baru juga dapat memberikan 10% skor kredit Anda

Setiap informasi dari kriteria di atas memiliki bobot yang berbeda. Seperti dijelaskan di atas keakuratan pembayaran pinjaman Anda akan memiliki bobot nilai lebih tinggi daripada yang lain. Seperti fungsi skor kredit yang disebutkan sebelumnya, skor kredit akan membantu bank menentukan apakah pinjaman Anda disetujui atau tidak, dan juga dapat menentukan jumlah pinjaman yang akan Anda peroleh, berapa banyak persyaratan yang Anda dapatkan, dan seberapa besar bunga pinjaman itu.

Jika skor kredit Anda ternyata kecil, Anda mungkin masih bisa mendapatkan pinjaman tetapi dengan bunga lebih tinggi, atau Anda diharuskan untuk memberikan jaminan. Pernahkah Anda memiliki sejarah buruk mengenai skor kredit ini? Jangan khawatir, kami akan meninjau cara meningkatkan skor kredit Anda.

Tingkatkan Skor Kredit Anda dengan 3 Langkah Ini:

Langkah 1 – Hindari Tunggakan Kartu Kredit

Dalam penggunaan kartu kredit, tagihan yang menunggak sangat dilarang. Tingkat kolektibilitas kredit pelanggan adalah bank satu arah menilai kualitas kredit seseorang. Tingkat ini dibagi menjadi lima kriteria, yaitu pembayaran lancar, pembayaran perhatian khusus, kurang lancar, diragukan, dan kredit macet.

Saran bagi Anda sebagai pengguna kartu kredit, cobalah membayar tagihan bulanan sebesar 10% terlebih dahulu. Tetapi jika Anda mampu membayar penuh tentu akan lebih baik untuk menghindari bunga tinggi setiap bulan. Seperti angsuran pinjaman, lakukan upaya yang sama untuk membayar 10% dari tagihan awal dan membayar sebanyak mungkin tagihan tepat waktu.

Langkah 2 – Gunakan Kartu Kredit Secara Teratur

Efek hebat pada tingkat skor kredit Anda adalah kartu kredit. Jadi jangan heran jika Anda ingin meminjam atau membeli secara kredit, kreditur akan bertanya apakah Anda pengguna kartu kredit atau tidak. Kartu kredit itu sendiri secara ideal merupakan pengganti uang tunai sebagai alat pembayaran.

Baca Juga:

Jadi, jika Anda tidak pernah menggunakan kartu kredit Anda, maka tidak akan ada data yang tercatat di bank. Anda dapat menggunakan kartu kredit untuk pembayaran, terutama barang-barang mahal, seperti pembayaran tiket pesawat dan hotel, atau membeli barang elektronik. Setelah itu, gunakan kartu kredit untuk pembayaran yang lebih kecil seperti makan di restoran. Ini dapat meningkatkan reputasi kredit Anda secara perlahan tetapi Anda harus tetap menunjukkan bahwa Anda dapat menangani kredit dengan bijak

Langkah 3 – Terapkan Kembali Ketika Persetujuan Kredit Anda Ditolak

Ketika proses pengajuan pinjaman atau kartu kredit Anda ditolak, berikan masa tunggu 3 bulan sebelum mengirimkan kembali. Selama masa tunggu ini, Anda dapat memeriksa apa yang salah dengan Anda sebagai debitur.

Misalnya, Anda telah mengajukan kredit lebih dari 30% dari penghasilan, atau Anda masih memiliki tanggung jawab pembayaran lainnya. Cobalah fokus untuk melunasi semua hutang Anda terlebih dahulu. Kemudian setelah itu, Anda bisa mengajukan permohonan kartu kredit dengan batas bawah terlebih dahulu. Ini dapat dilihat sebagai indikasi positif bagi bank bahwa Anda adalah debitur yang dapat dipercaya yang dapat membantu meningkatkan skor kredit Anda.

Kesimpulan

Ingat bahwa kartu kredit hanyalah cara alternatif dari proses pembayaran dan tidak harus menjadi kebiasaan. Dan bahkan jika Anda benar-benar perlu menggunakan sistem kredit berulang kali, itu bukan masalah juga. Pertahankan skor kredit Anda yang baik, komitmen untuk itu, dan konsisten untuk menjalaninya. Semakin tinggi skor kredit Anda, semakin cepat aplikasi kredit Anda

Leave A Comment

Message Me On Whatsapp