//Butuh Dana? Coba ajukan Kredit Multiguna

Butuh Dana? Coba ajukan Kredit Multiguna

2019-04-26T03:15:35+00:00 January 12th, 2018|Kredit Multiguna|

Sekarang sudah tidak perlu pusing lagi mencari pinjaman ketika Anda membutuhkannya. Butuh dana? Salah satu jenis kredit atau pinjaman yang sedang banyak dicari saat ini adalah Kredit Multiguna (KMG). Ketika butuh dana, tentunya Anda mencari bunga terendah dengan limit pinjaman yang tinggi, Kredit Multiguna solusi nya.

Kredit Multiguna – Merupakan salah satu produk perbankan yang memberikan fasilitas pinjaman yang mana peminjam diharuskan untuk memberikan jaminan. Taksiran harga atau nilai jaminan sangat berpengaruh pada besarnya pinjaman yang dapat diperoleh si peminjam.

Kenapa harus memilih Kredit Multi Guna?

Secara Teknis, Kredit Multi Guna memang dinilai sangat beresiko dibandingkan Kredit Tanpa Agunan  (KTA) karena adanya aset berharga yang wajib dijadikan sebagai jaminan pinjaman. Namun, disisi lain kredit multiguna memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk kredit lainnya. Ada beberapa keunggulan dari Kredit Multiguna sebagai bahan pertimbangan untuk Anda. Silahkan Anda baca keunggulan nya di bawah ini:

Keuntungan Kredit Multi Guna

1. Limit Pinjaman Tinggi, bisa Anda ajukan hingga miliyaran

Limit kredit tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, diantara keunggulan kredit multiguna adalah Anda bisa mendapat limit pinjaman yang tinggi. Kenapa? alasannya dikarenakan adanya jaminan aset berharga sebagai salah satu jaminan nya.

Pihak bank tidak akan merugi atau mengambil risiko tinggi jika suatu saat nasabah tidak mampu mengembalikan uang pinjamannya. Namun, jika Anda mampu mengembalikan uang pinjaman, maka pihak bank tidak akan ragu untuk memberikan kembali aset berharga Anda.

2. Masa Tenor lebih Panjang, bisa sampai 10 tahun.

Terkait dengan limit pinjaman yang cukup besar, beberapa bank atau lembaga penyedia kredit multiguna memberikan masa tenor yang cukup panjang kepada para nasabah nya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap kemungkinan kemampuan nasabah nya untuk mengembalikan uang pinjaman.

Dengan permasalahan itu, sekarang sejumlah bank memberikan layanan Kredit Multiguna dengan masa tenor sampai 10 tahun, bahkan lebih. Keunggulan kedua ini bertolak belakang dengan Kredit Tanpa Agunan yang rata-rata hanya memberi waktu pelunasan sampai 3 tahun saja.

3. Konsumsi Kredit Bersifat Fleksible

Pinjaman yang dapat digunakan untuk beragam keperluan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Nasabah dapat memanfaatkan pinjaman untuk berbagai tujuan, mulai dari modal usaha hingga konsumsi sehari-hari dikarenakan nilai pinjaman yang besar.

4. Dengan Kredit Multiguna, Anda tidak perlu menjual aset

Dengan Kredit Multiguna Anda tidak perlu menjual aset untuk mendapatkan dana. Ajukan saja KMG, maka aset yang Anda milik akan di agun kan untuk selanjutnya Anda akan mendapatkan dana untuk modal usaha atau kepentingan lainnya. Anggap saja sedang menggadaikan aset anda di Penggadaian yang sewaktu – waktu dapat di tebus jika pinjaman sudah lunas.

Kekurangan Kredit Multiguna

1. Tidak Punya Agunan, Tidak Bisa Mengajukan Pinjaman

Salah satu yang terpenting dalam pengajuan kredit multiguna adalah harus ada jaminan aset atau agunan. Dengan kondisi Anda yang  tidak memiliki aset, tentu keinginan untuk mengajukan pinjaman ini menjadi tidak realitis. Kalau sudah begitu, mungkin Anda bisa menggunakan Kredit Tanpa Agunan sebagai solusi lain.

2. Gagal Membayar, Aset Melayang

Aset bisa disita

Sudah pasti, dimana Anda akan teracam kehilangan aset akibat di sita jika Anda tidak bisa melunasi pinjaman atau gagal bayar. Kalau Anda tidak menginginkan hal ini terjadi, hasil dari pinjaman Kredit Multiguna sebaiknya digunakan untuk megelolal tambahan modal usaha.

3. Proses penganjuan lebih lama dari KTA

Karena membutuhkan aset rumah atau mobil sebagai jaminan pinjaman, tentu proses aplikasi akan semakin lama. Karena bank membutuhkan waktu untuk menilai apakah aset yang diajukan sudah sesuai nilainya dengan dana yang diminta. Kalau belum, biasanya mereka akan meminta Anda untuk memberikan aset lain hingga selisih antara dana yang diminta dengan nilai agunan dianggap sesuai.

Sudah tertarik mengajukan kredit multiguna?

Nah, tadi sudah sedikit berkenalan dengan Kredit Multiguna (KMG), serta mengetahui keunggulan dan kekurangannya. Sekarang pertanyaannya, apakah Anda mau menggunakannya atau tidak? Untuk pertanyaan ini, ada jawaban sendiri yang bisa dijadikan pedoman sebelum mengajukan aplikasinya. Yaitu, tergantung dari urgensi dan nilai yang dibutuhkan. Kalau nilainya besar dan Anda memiliki agunan, maka Anda bisa menggunakan KMG. Namun apabila sebaliknya, gunakan saja KTA sebagai solusi pendanaan Anda.

Leave A Comment

Message Me On Whatsapp